Skip to content

SEMINAR PENINGKATAN PROFESIONALISME PENGAWAS

11 Januari, 2012

(Rabu, 11 Januari 2012, Lantai 5 Faculty Meeting, FEB MMUGM) HASIL KARYA MAHASISWA S2 PROGRAM KEPENGAWASAN PENDIDIKAN KEMENDIKNAS ANGKATAN 2 PRA MBA MM UGM, kerjasama Dirjen P2TK Depdiknas dengan LPMP Yogjakarta dan MM UGM.

Jumlah mahasiswa angkatan 2 sebanyak 58 orang dari berbagai penjuru tanah air, dan berbagai disiplin Ilmu. Bersama menghasilkan karya tentang berbagai permasalahan kepengawasan, mulai dari profil, paradigma, strategi dan penerapannya. Sebuah karya besar bertujuan untuk memajukan dan mewujudkan pendidikan di Indonesia yang lebih baik dengan Ide meretas (embrio) jalan pembentukan komunitas Pengembang Ilmu Kepengawasan dalam wadah baru yang dinamakan “Asosiasi Pengembang Ilmu Kepengawasan “. Paradigma yang ditekankan dalam kepengawasan yaitu paradigma peran pengawas dari Control menuju HELP.

Dalam pengalaman yang kami himpun dari lapangan bahwa: – Pandangan tentang pengawas sekolah adalah orang yang mengawasi, mencari kesalahan guru atau sekolah, sehingga terkesan menakutkan. – Peran pengawas sekolah dirasa masih kurang karena jumlah Pengawas yang tidak sebanding dengan jumlah sekolah, menurut Buku kerja pengawas bahwa beban kerja pengawas 37,5 jam (Sama dengan PNS lainnya) dalam seminggu dengan beban 24 jam tatap muka pada minimal 5 Satuan Pendidikan secara lintas tingkat satuan dan jenjang satuan pendidikan atau minimal 40 – 60 guru bimbingan. – Rekruitmen pengawas harus jelas, selama ini masih tergantung suhu politik atau kepemimpinan Otonomi Daerah. – Karir pengawas haruslah jelas, bukan sekedar jabatan mankir setelah menjadi Kepala Sekolah, dsb.

Visi dan Misi Program Pendidikan Kepengawasan di MM UGM yaitu harus bisa mewarnai peranan pengawasan pendidikan sesungguhnya jika sudah kembali ke daerah masingmasing. Dengan toeri dan pengalaman di lapangan, dengan Asosiasi Pengembang Ilmu Kepengawasan ini kita berharap bahwa akan tercipta nuansa baru dengan 6 kompetensi minimal yang harus dimiliki pengawas yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi supervisi manajerial, kompetensi supervisi akademik, kompetensi evaluasi pendidikan, kompetensi penelitian dan pengembangan, serta kompetensi sosial.

Revitalisasi Kepengawasan Pendidikan adalah suatu wacana yang harus mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Pusat dan Daerah seiring dengan Pengembangan Mutu Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, merupakan standar minimal yang mesti dilaksanakan oleh penyelenggara pendidikan, yang meliputi : (1) standar isi; (2) standar proses; (3) standar kompetensi lulusan; (4) standar pendidik dan tenaga kependidikan; (5) standar sarana dan prasarana; (6) standar pengelolaan; (7) standar pembiayaan dan (8) standar penilaian.Dalam konteks manajemen mutu, PP no.19 tahun 2005 ini merupakan bagian dari penerapan manajemen mutu yang mengimplementasikannya melalui perangkat-perangkat seperti perencanaan mutu (quality planning), pengendalian mutu (quality control), jaminan mutu (quality assurance), dan peningkatan mutu (quality improvement).

Akhirnya semoga karya anak bangsa ini diperhatikan oleh pemerintah dan mendapat sambutan yang positif para pemerhati pendidikan di Indonesia. Amiin.

Koordinator Pelaksana Kegiatan

Sutrisno Guru SMA Tanjungsari Gunungkidul/Mahasiswa S2 Program Kepengawasan Pendidikan Kemendiknas Angkatan 2 Pra MBa MM UGM, Kerjasama Dirjen P2TK Depdiknas Dengan LPMPYogjakarta Dan MM UGM

NB: Proses yang sedang berjalan:

– Menunggu pembentukan Resmi Asosiasi Pengembangan Ilmu Kepengawasan (APIK)

– Pencetakan dan Penerbitan Buku Supervision “Bunga Rampai Supervisi Pendidikan”

2 Komentar leave one →
  1. maridi permalink
    29 Januari, 2012 1:18 am

    payaaah, web pengawas ini jarang di up date. tiwas sok dijagakke. ?????????

  2. 31 Januari, 2012 1:30 am

    makasih koreksinya, ada baiknya kita berbagi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: