Skip to content

Workshop Penilaian SMP 1 Ngawen

14 Februari, 2011

Jumat, 11 Feb. 2011

Nara sumber Drs. Kandung Supriyono,

Pengawas Sekolah pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul

Materi Pokok

  1. Rancangan Penilaian
  2. Kisi-kisi dan Instrumen Penilaian
  3. Analisis Hasil Penilaian
  4. Analisis Butir Soal
  1. Review Materi Kepala Dinas
  • Grand Desain Pendidikan Karakter

–       Strategi mikro pendidikan karakter di sekolah

–       Pendidikan Karakter sudah ada sejak dulu, dibangkitkan lagi

–       Pendidikan karakter tidak diajarkan, tetapi dikembangkan melalui pembiasaan

–       Semua warga sekolah, khususnya guru bertanggungjawab

  • Program Sukses UNAS

    –       Matrikulasi… Batu hitam

    –       Giatkan perpustakaan

    –       Berikan jawaban masalah pada tempat tertentu (perpustakaan, internet, majalah, koran, TV, Radio, dll.

    –       Peran semua stake holder dalam sukses UN

    • Jam kerja, jam belajar,

      –          sistem paket vs sks

      –          belajar di luar kelas (TT..KMTT)

      2. Rancangan Penilaian

      1. Semua guru wajib membuat rancangan penilaian yang disampaikan kepada siswa pada awal semester
      2. Siapkan bukti fisik sudah membuat rancangan penilaian
      3. Format rancangan penilaian tidak mengikat, tetapi wajib memenuhi kriteria minimal, yakni:

      –          Lingkup

      –          Teknik

      –          Bentuk

      –          KKM

      –          Remedial dan pengayaan

      –          Aturan/kesepakatan lain

      1. Rancangan penilaian pada program semester, meliputi kapan dilaksanakan
      2. Rancangan penilaian yang tertuang pada silabus, meliputi: indikator, bentuk, teknik, dan contoh instrumen
      3. Rancangan penilaian yang tertuang pada RPP, meliputi:

      –          Kisi-kisi (sederhana, meliputi: indikator, teknik, bentuk, jumlah dan nomor soal)

      –          Instrumen * (bukan contoh instrumen)

      –          Pedoman penilaian/rubrik

      • Rancangan penilaian pada program remedial (sekurang-kurangnya) meliputi:

        –          Siapa

        –          Apa

        –          Bagaimana

        –          Kapan

        –          Kriteria tuntas

         

        3. Kisi-kisi dan Instrumen penilaian

        Instrumen penilaian harus:

        –          Berdasarkan kisi-kisi yang dibuat (sederhana, meliputi: indikator, teknik, bentuk, jumlah dan nomor soal)

        –          Valid (diketahui melalui telaah soal kualitatif)

        • Isi
        • Konstruksi
        • Bahasa

        (Untuk ulangan harian tidak dituntut analisis butir soal empiris)

        • Empiris (untuk meyakinkan soal yang dipergunakan sudah):

        –       Memiliki daya beda yang dipersyaratkan

        –       Tingkat kesukaran yang sesuai

        –       Semua opsi berfungsi secara baik

         

        4. Pelaksanaan dan Analisis Hasil penilaian

        1. Guru melaksanakan memiliki bukti fisik pelaksanaan penilaian yang antara lain:

        –          Daftar hadir siswa (informasi/catatan/keterangan bahwa hari itu ulangan)

        –          Daftar nilai hasil penilaian (ada informasi tanggal pelaksanaan)

        2. Guru melaksanakan memiliki bukti fisik pemeriksaan hasil penilaian disertai feedback yang sesuai dan dikembalikan kepada siswa yang antara lain:

        –          Sampel pekerjaan siswa (yang sudah diketahui orangtua siswa.)

        –          Daftar penerimaan berkas penilaian (ulangan atau tugas)

        1. Analisis hasil penilaian (untuk mengetahui siswa yang tuntas dan yang belum) dan selanjutnya disusun program tindak lanjut.
        2. Analisis Hasil Penilaian SUPER CEPAT + 2 menit… Tandai dengan stabilo nilai di bawah KKM… hitung….tulis di tempat yang tersedia…. untuk mengetahui rata2 dan daya serap menggunakan kalulator atau komputer (+ 5-10 menit)
        3. Guru melaksanakan memiliki bukti fisik pelaksanaan penilaian remedial yang antara lain:

        –          Daftar hadir siswa (informasi/catatan/keterangan bahwa hari itu ulangan-bisa menjadi satu dengan dafdir KBM)

        –          Daftar nilai hasil penilaian (di samping nilai asli, – ada informasi tanggal pelaksanaan)

         

        5. Analisis Butir Soal

        –          Untuk mendapatkan soal yang valid.

        Soal yang dianalisis adalah hasil uji coba atau ulangan harian, ulangan tengah semester atau ulangan akhir semester

        –          Untuk mengetahui butir/indikator mana yang sudah/belum dikuasai siswa

        Soal yang dianalisis adalah hasil ulangan harian, ulangan tengah semester atau ulangan akhir semester

        –          Analisis butir soal bisa secara manual, dengan kalkulator, atau dengan komputer

        2 Komentar leave one →
        1. rohainiahirianti permalink
          31 Mei, 2011 6:20 am

          rumus daya serap bgmn pak?

        2. 2 Juni, 2011 1:45 pm

          Rata-rata X %
          Misal rata-rata 74, maka daya serapnya 74%

        Tinggalkan Balasan

        Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

        Logo WordPress.com

        You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

        Gambar Twitter

        You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

        Foto Facebook

        You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

        Foto Google+

        You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

        Connecting to %s

        %d blogger menyukai ini: